Tips Cara Memilih Ikan Segar

Tips Memilih Ikan Segar
Ikan merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak protein dan omega3 yang sangat baik bagi tubuh, termasuk untuk pertumbuhan anak. Karena zat-zat penting itulah, ikan menjadi mudah busuk.
Meghidangkan masakan yang enak dan bergizi adalah hal yang utama. Untuk itu, memilih ikan yang segar sangat penting sebelum proses memasak.
Untuk mendapatkan ikan yang segar, baik, dan aman dikonsumsi tentu membutuhkan tips pintar dalam memilih ikan segar, berikut ini kami beberkan rahasia memilih ikan segar.


CARA PINTAR MEMILIH IKAN YANG SEGAR

1. Mata Ikan
Ikan yang segar memiliki mata yang terang, bening dan menonjol atau cembung.

2. Insang Ikan
Insang ikan segar berwarna merah cerah atau merah darah dan tidak berbau. Sedangkan ikan yang tidak segar, insangnya berwarna keabu-abuan, pucat dan berlendir.


3. Sisik dan Bau
Sisik ikan yang segar masih melekat kuat, susunannya rapi, dan mengkilat. Ikan yang mulai membusuk, sisiknya agak berlendir dan rusak, warnanya pun tidak bening. Bau ikan segar akan berbau segar, bukan bau-bau asing/busuk.


4. Daging Ikan
Daging ikan segar jika ditekan akan kembali seperti semula. Warnanya cerah. Bagian perut tidak menggelembung karena berisi gas hasil pembusukan dan tidak mudah robek.

5. Warna Ikan
Ikan yang segar berwarna kulit terang dan cerah.

6. Lendir Ikan
Lendir ikan segar akan cemerlang, homogen dan transparan. Lendir ikan yang busuk berubah warna kekuningan, berbau busuk dan mengering.

7. Kondisi Ikan
Ikan yang segar terbebas dari luka, parasit maupun kerusakan pada bagian lain.

Ciri-ciri Udang Segar
Udang segar berwarna jernih tanpa bintik-bintik hitam. Udang segar terlihat kekar dan tidak mudah patah baik kulit, kaki maupun kepala. Beraroma khas udang yaitu amis udang. 

Ciri-ciri Kepiting atau Rajungan yang segar
Pada umumnya kepiting dijual dalam keadaan masih hidup sedangkan rajungan dalam kondisi mati. Untuk kepiring mungkin lebih mudah karena masih hidup. Namun bila sudah mati anda bisa mengamati dengan menekan bagian belakang kepiting dengan jari. Apabila terasa keras, berarti kepiting gemuk, sehat dan segar.  Berwarna terang serta tidak terdapat bercak-bercak hitam pada bagian bawahnya berarti kepiting tersebut masih dalam keadaan segar. Anggota tubuhnya masih utuh termasuk capitnya.


Ciri-ciri Cumi segar
Cumi yang segar biasanya berlendir jernih dan bening, kokoh, kenyal, serta tidak berbau anyir atau busuk. Kepala masih melekat dengan badan dan bermata bening. Cumi-cumi kecil berwarna keunguan dengan bintik-bintik hitam. Sedangkan cumi-cumi yang berukuran lebih besar warnanya putih dengan sedikit bintik hitam.

Ciri-ciri Kerang segar
Jika memilih kerang pastikan cangkangnya masih terbuka dan mengatup serta mengeluarkan cairan,  artinya kerang tersebut masih hidup. Jika cangkangnya sudah dikupas, pilihlah daging kerang yang masih padat dan utuh, warna daging putih dan bersih.

Itulah beberapa tips memilih ikan segar dan jenis makanan laut segar. Jika Anda membeli banyak, simpanlah dalam kulkas untuk menjaga kesegarannya.
Semoga apa yang saya share kan disini, bermanfaat untuk Anda.(WS)


terkait dengan Tips Cara Memilih Ikan Segar :

 
Resep Masakan
kumpulan kata